Sabtu, 13 Juni 2015

RPP Aqidah Akhlak MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Batu Tungku
Kelas                           : IV
Tema                           : Indahnya Kalimat Thayyibah
Sub Tema                    : As-salamua’laikum
Semester                      : II (dua)
Alokasi waktu             : 1 x 15 menit (1 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1         Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.1.   Meyakini Allah Swt melalui kalimat thayyibah (As-salamua’laikum).
3.1  Mengetahui kalimat thayyibah (As-salamua’laikum).
4.1  Mendemonstrasikan cara mengucap salam sesuai ketentuan syar’i.

C.     Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation peserta didik dapat menghafal kalimat thayyibah As-salamua’laikum dan artinya.
  2. Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation peserta didik dapat menyebutkan waktu yang tepat dalam membaca thayyibah As-salamua’laikum.
  3. Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation peserta didik dapat menjelaskan hikmah membaca kalimat thayyibah As-salamua’laikum.

D.    Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Menghafal kalimat thayyibah As-salamua’laikum.
  2. Menyebutkan arti kalimat thayyibah As-salamua’laikum.
  3. Menyebutkan waktu yang tepat dalam membaca thayyibah As-salamua’laikum.
  4. Menjelaskan hikmah membaca kalimat thayyibah As-salamua’laikum.
  5. Membiasakan mengucapkan kalimat thayyibah As-salamua’laikum ketika bertemu dengan seseorang.

E.     Materi Pokok
Kalimat thayyibah As-salamua’laikum
Lafal As-salamua’laikum mengandung arti semoga keselamatan dan kasih sayang. Allah serta kebaikan terlimpah kepada kalian.
Kalimat As-salamua’laikum diucapkan bila:
  1. Setiap kali bertemu
  2. Bertamu ke rumah teman
  3. Memulai pertemuan
  4. Berpisah setelah bertemu
Keutamaan mengucapkan salam:
  1. Para malaikat, nabi atau rasul dan penghuni Surga sering memberi sapaan resmi dengan menggunakan salam.
  2. Sarana untuk mengikat persaudaraan, memperkuat jalinan silaturahmi diantara kita.

F.      Motode pembelajaran
1.      Pendekatan: Scientific
2.      Strategi: Cooperatife Learning
3.      Model:  Group Investigation.
4.      Metode: Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, Card sort.

H.    Media pembelajaran
1.      Video anak mengucapkan salam.
2.      Lembar materi sebagai bahan diskusi peserta didik.
3.      Lembar kerja siswa.
4.      Kartu pernyataan.
5.      Bendera berisi huruf  B, dan S sebagai simbol dari benar dan salah.

I.       Sumber belajar
  1. Buku Guru dan siswa Akidah Akhlak Kelas IV Pendekatan Saintifik Tematik Kurikulum 2013.
  2. Buku Membina Akidah dan Akhlak karya Wiyadi.
  3. Buku Bina Akidah dan Akhlak Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV karya Tim Bina Karya Guru.

J.       Langkah-langkah Pembelajaran

No
KEGIATAN
WAKTU

1.       
Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam kepada seluruh peserta didik.
b.      Guru mengajak semua peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa.
c.       Guru melakukan komunikasi kehadiran peserta didik.
d.      Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan kalimat thayyibah yang pernah dipelajari beserta artinya.
e.       Guru mengajak siswa bernyanyi bersama-sama lagu assalamualaikum.
Assalamualaikum
Waalaikumsalam
Mari kita ucapkan setiap bertemu teman
Bukti muslim sejati yang beriman.
Assalamualaikum
Waalaikumsalam
Muslimin dan muslimah mari dibudayakan
Kita bersama-sama ucap salam
f.       Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
g.      Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran.

4 menit
2.       
Kegiatan Inti
*      Guru menyiapkan video dan media lainnya.
a.       Mengamati
·         Peserta didik diajak mengamati dan menyimak video yang ditayangkan.
b.      Menanya
·         Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar, dengan pertanyaan:
v  Sedang apakah anak-anak yang terdapat pada video?
v  Mengapa setiap orang bertemu mengucapkan harus salam?
v  Apakah yang terjadi ketika anak tersebut tidak membalas salam?
·         Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk memberi jawaban pertanyaan tersebut berdasarkan pengetahuan mereka.
c.       Eksperimen/Explore
·         Guru menyiapkan materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: kalimat thayyibah As-salamua’laikum dan artinya, waktu yang tepat untuk mengucap kalimat thayyibah As-salamua’laikum, adab salam dan penghormatan.
·         Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok, dan setiap kelompok memilih satu orang sebagai ketua kelompok dan satu orang sebagai juru bicara.
·         Setiap kelompok mendapat satu materi yang diberikan oleh guru secara acak untuk didiskusikan.
·         Peserta didik menuliskan hasil diskusinya di lembar kerja siswa.
d.      Asosiasi
·         Guru mengaitkan materi salam dengan kegiatan siswa sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan group investigasi.
e.       Komunikasi
·         Juru bicara menyampaikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan.
·         Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menyampaikan hasil diskusi (sesuai dengan materi yang telah diberikan). Kegiatan ini berlangsung sampai ke tiga kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
·         Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi kalimat thayyibah Assalamua’laikum setelah diskusi berakhir.

 8 menit
3.       
Penutup
a.       Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi kalimat thayyibah As-salamua’laikum.
b.      Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan untuk membaca kalimat thayyibah As-salamua’laikum.
c.       Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan tugas secara kelompok bagi peserta didik dengan membagikan kartu pernyataan.
d.      Peserta didik diminta berdiri.
e.       Beberapa peserta didik dari tiap kelompok diminta mewakili kelompoknya untuk membacakan soal dan mengambil bendera benar atau salah.
f.       Guru memberikan tugas rumah secara individu.
g.      Guru mengajak peserta didik berdoa bersama untuk mengakhiri pembelajaran.
h.      Guru mengucapkan salam kepada seluruh peserta didik.

3 menit

K.    Penilaian Hasil Pembelajaran
            Penilaian terhadapa proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

  1. Tugas
a.       Mengisi rubrik siswa dilembar kerja siswa berupa pertanyaan uraian secara berkelompok untuk penilaian kinerja.
b.      Mengisi kolom benar-salah secara berkelompok untuk penilaian sikap.
c.       Pekerjaan rumah berupa tugasku menulis kalimat salam.

  1. Penilaian kinerja
Rubrik siswa berupa uraian: Penilaian pada lembar kerja siswa untuk kalimat thayyibah (As-salamua’laikum).
Guru dapat memberikan penilaian melalui pengisian lembar kerja siswa sebagai berikut.
Jawablah pertanyaan dengan benar!
1)      Tulislah lafal kalimat salam secara lengkap beserta artinya!
2)      Sebutkan empat kegiatan yang diharuskan kita mengucapkan kalimat salam!
3)      Agar terwujud persatuan dan kesatuan antar suku di Indonesia, kita dianjurkan membudayakan salam. Sebutkan enam suku bangsa yang ada di Indonesia!
Kunci Jawaban!
1)       mengandung arti semoga keselamatan dan kasih sayang Allah serta kebaikan terlimpah kepada kalian.
2)      a.   Setiap kali bertemu
b.      Bertamu ke rumah teman
c.       Memulai pertemuan
d.      Berpisah setelah bertemu
3)      Mengucapkan salam hanya kepada teman dekat dan bila bertemu teman tidak mengucapkan salam terlebih dahulu tetapi bertanyakan yang lain.
Rubrik Penilaian
No. Soal
Rubrik Penilaian Skor
Skor
  1.  
a.       Jika peserta didik menulis kalimat thayyibah Assalaamu’alaikum betul dan terjemahnya juga betul skor 4.
b.      Jika peserta didik menulis kalimat thayyibah Assalaamu’alaikum betul akan tetapi terjemahnya terdapat unsur kesalahan skor 3.
c.       Jika peserta didik menulis kalimat thayyibah Assalaamu’alaikum terdapat kesalahan akan tetapi terjemahnya betul skor 2.
d.      Jika jawaban peserta didik baik kalimat thayyibah Assalaamu’alaikum dan terjemahnya terdapat kesalahan skor 1.

4
  1.  
a.       Jika peserta didik menjawab empat jawaban dan keempatnya betul.
b.      Jika peserta didik menjawab empat jawaban, dua jawaban betul dan dua jawaban salah.
c.       Jika peserta didik menjawab dua jawaban dan jawaban tersebut betul.
d.      Jika peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul.

4
  1.  
a.       Jika peserta didik menjawab dua jawaban dan keduanya betul.
b.      Jika peserta didik menjawab dua jawaban, satu jawaban betul dan satu jawaban salah.
c.       Jika peserta didik menjawab satu jawaban dan jawaban tersebut betul.
d.      Jika peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul.

4

Skor tertinggi 12
Nilai Akhir =  Skor Diperoleh x 100
Skor Maksimal
Tugasku
Tulis kembali dirumah lafal kalimat salam dengan baik beserta artinya di selembar kertas, warnai dan pajangkan di depan kelasmu dipertemuan berikutnya!
Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut :
1) Jika peserta didik menulis kalimat tayyibah As-salamua’laikum dengan benar dan mengartikannya dengan baik, nilai 100.
2) Jika peserta didik menulis kalimat tayyibah As-salamua’laikum dengan benar tetapi dalam mengartikannya kurang baik nilai 90.
3) Jika pserta didik menulis kalimat tayyibah As-salamua’laikum kurang benar dan dalam mengartikannya juga kurang baik, nilai 80.

  1. Lembar Pengamatan




No
Nama Peserta didik

Aspek Perilaku Belajar yang Diamati
Jumlah
Skor
Keterlibatan
Inisiatif
Tanggung
jawab
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.











2












Dan seterusnya.











Keterangan:
(Indikator) Keaktifan:
  1. Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
  2. Membaca materi pelajaran dengan tuntas
  3. Bertanya dengan inisiatif sendiri
  4. Menjawab pertanyaan guru
  5. Menjawab pertanyaan peserta didik lain
  6. Mengajukan ide/gagasan
Tinggi : jika 4-6 indikator muncul
Sedang : jika 3-4 indikator muncul
Rendah : jika 1-2 indikator muncul
(Indikator) Kerja sama :
Tinggi:     
·             bekerja sama dengan semangat yang tinggi
·             dalam bekerja sama tanpa membedakan teman
·             dalam bekerja sama tanpa merendahkan teman yang kurang      mampu
Sedang:   
·        mau bekerja sama
·             dalam bekerja sama masih memilah-milih teman dalam kelompok
·             dalam bekerja sama masih ada unsur merendahkan teman yang kurang mampu

Rendah:   
·             mau bekerja sama karena keterpaksaan
·             tidak mau bekerja sama
(Indikator) Tanggung jawab:
1.      Melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh
2.      Melaksanakan tugas dengan tepat waktu
3.      Melaksanakan tugas dengan perolehan hasil yang maksimal
Tinggi: jika 3 indikator muncul
Sedang: jika 2 indikator muncul
Rendah: jika 1 indikator muncul

  1. Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (√) diantara kolom benar atau salah !

No.
Pernyataan
Jawaban
B
S
1.       
Ketika akan berangkat sekolah, Zaki bersalaman dahulu dengan kedua orang tuanya, kemudian mengucakan salam.


2.       
Pulang dari sekolah, Siti bertemu dengan temannya di jalan. Karena lelah, Siti tidak mengucapkan salam.


3.       
Mendengar Dayu sakit, teman-teman Madrasahnya segera menengok ke rumahnya.


4.       
Ketika bertemu dengan adik kelasnya di jalan, Fatimah tidak mau mengucapkan salam terlebih dulu, karena ia merasa lebih besar.


5.       
“ Selamat pagi pak guru !” kata anak-anak serentak, ketika pak guru datang di Madrasah mereka.


6.       
Laut yang terbelah oleh tongkat Nabi Musa merupakan contoh dari pertolongan Allah.


Keterangan :
B         = benar
S          = salah

Rubrik Penilaian
No.
Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1.       
Benar skor 6, Salah skor 1

2.       
Benar skor 1, Salah skor 6

3.       
Benar skor 6, Salah skor 1

4.       
Benar skor 1, Salah skor 6

5.       
Benar skor 1, Salah skor 6

6.       
Benar skor 6, Salah skor 1

Skor tertinggi 36
Nilai Akhir =   Skor Diperoleh x 100
Skor Maksimal


  1. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
a.       Tulislah doa-doa harian yang lainnya.
b.      Membuat soal dan saling menjawab.



  1. Remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.

  1. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali peserta didik. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh peserta didik. Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali peserta didik, dan orang tua/wali peserta didik memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali peserta didik.

                                                                        Banjarmasin, 12 Desember 2014
Mengetahui,
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Batu Tungku


...........................................
NIP.        
Guru Mata Pelajaran
Aqidah Akhlak,




.........................................
NIP.   


 


                                  











Tidak ada komentar:

Posting Komentar